Selasa, 09 Oktober 2012

bhineka tunggal ika

entah darimana bakat tenggang rasa antar umat berbangsa dan bernegara ini tumbuh, saya juga heran, padahal jaman2 TK dulu saya ga hapal nama menteri, taunya cuman presiden dan wakil presiden, itupun gara-gara tiap pagi ditanyain bu guru. Beda sekali sama kakak kandungku, jaman TK nya aja mainannya sama apalan UUD 45 n nama menteri, canggih bener mbakku

ini semua gara-gara di penjara suci, pasti,jelas!!!

nah lo... mungkin saya jadi punya cara pandang lain ketika nyemplung beneran dalam apa yang namanya variasi manusia, mmm sulit dipahami ya? maksudnya dalam keberagaman etnis dan budaya
jelas saja, di penjara suci dulu saya dipertemukan dengan perwakilan seluruh endonesa raya

dari situ kurang lebihnya saya belajar banyak soal perbedaan, tapi memang belum total waktu jaman-jaman di penjara suci dulu, karena kami (tanpa bermaksud rasis) masih dalam satu iman

lulus dari penjara suci saya mulai dipertemukan dengan berbagai macam perbedaan, dan saya sangat menikmati itu, saya bersahabat dekat dengan mereka, aku tidak lagi mempersoalkan aku yang (kebetulan) berjilbab, terus menerus begitu, sampe puncaknya saya tercebur di tempat kerja saya yang sekarang, dimana disini beragam baik suku bangsa, agama, negara, de el el.. tapi justru saya mencintaiiii kondisi iniiii taukkkk *jejeritan

kenapa begitu? <---- inti pertanyaan

tidakkah kalian melihat banyak sisi positif disini?
betapa Tuhan menciptakan manusia tidak hanya soal perbedaan karakter dan kepribadian, tapi juga asal-usul, budaya, makanan khas (teteupp) betapa oh betapaa

kebetulan, saya tipikal orang yang terbuka akan perbedaan, cumak satu aja yang masih susah saya terima, yait perbedaan gaji *kemudian hening

dari jaman kos, saya biasa mengantarkan sahabat saya ke tempat ibadahnya, berkenalan dengan teman-teman di tempat ibadahnya, dan melakukan beberapa kegiatan bersama-sama, mengetahui dan menghargai perbedaan itu menyenangkan dear, sungguh..

bagi saya, siapapun kalian, asal usul kalian, frekuensi mandi kalian, banyaknya utang kalian, apa aja dosa yang kalian telah perbuat, ga masalah, sepanjang kalian baik kepada saya, saya akan baik pula, tidak peduli apa yang orang lain katakan soal kalian :) 

maka tolong nobatkan saya sebagai yang berpergaulan luas, saya berteman dengan banyak ragam orang, pembantu dirumah, supir, tukang becak, penjual mie ayam, OB, cleaning service, de el el.. dan sejauh saya berkelana, saya paling banyak cocok sama security, gatau kenapa, entah karena kesamaan kami hobi nonton infotainment *ini becanda, serius, jgn dilempar asbak pliss :D

lalu jika saya mengenal banyak orang, saya pun tentu punya bervariasi sahabat, saya tidak bisa meyebutkan hanya satu nama tertentu dalam hal ini, maaf (sedikit takabur), karena sahabat yang saya cintai juga bertebaran dimana-mana

maaf, aku menduakan persahabatan kita *tentu ini hanya di sinetron

tips nya adalah, saya akan bikin sahabat-sahabat saya saling mengenal satu sama lain, bersatu kita teguh, bercerai kita galau *plis skip yang ini

jadi, hargailah segala bentuk perbedaan, selain memperluas pergaulan dan wawasan, bisa juga memperluas calon jodoh *eh 

sekian, dan lalu abaikan saja 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar